Tanda Tanda Kehamilan 1 Minggu

TANDA-TANDA KEHAMILAN 1 MINGGU

Tanda-tanda kehamilan 1 minggu kerapkali menjadi informasi yang sering dicari oleh Ibu hamil. Apalagi bagi keluarga yang sedang menantikan kedatangn buah hati di tengah keluarganya. Selain memenuhi rasa penasaran keluarga, tanda-tanda kehamilan 1 minggu pun dapat membuat Ibu mempersiapkan persiapan yang terbaik untuk calon buah hatinya.

Dalam dunia kedokteran, umur kehamilan 1 minggu masih mempunyai arti bahwa Anda baru saja melewati siklus menstruasi terakhir Anda. Sebenarnya, sel telur atau ovum Anda pun masih belum cukup matang untuk dikeluarkan ke saluran telur dan untuk dibuahi sel sperma. Namun, perhitungan tradisional umur kehamilan dari kacamata medis, umur kehamilan dimulai dari hari pertama haid terakhir. Maka, artikel ini akan membahas tanda-tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan.

 

Berikut Akan Kami Terangkan Tanda-Tanda Kehamilan Yang Baru Berusia 1 Minggu :

Banyak perempuan sering tidak menyadari kehamilannya, apalagi mereka yang tidak merencanakan hamil. Padahal, pengetahuan bahwa dirinya hamil, meski di usia kehamilan yang dini sangatlah penting. Ketika sudah ada calon janin di rahim Anda, Ibu haruslah mulai menjaga makanan, menata kebiasaan hidup yang sehat dan mulai menghindari zat-zat yang dapat berakibat buruk pada janin. Ibu yang merencanakan kehamilan pun dapat lebih mempersiapkan dengan matang apa saja yang ia butuhkan bila mengetahui tanda-tanda kehamilan 1 minggu. Berikut aalah tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan:

1.Keluarnya Bercak Darah Dari Jalan Lahir

Proses implantasi bakal janin adalah suatu proses dimana bakal janin akan menempel dan ‘melebur’ dengan dinding rahim Ibu. Proses ini menjadi alasan dibalik terjadinya salah satu tanda-tanda kehamilan 1 minggu yaitu keluarnya bercak darah atau spotting dari jalan lahir. Proses implantasi biasanya terjadi pada hari ke 6-10 setelah sel telur dibuahi ileh sperma. Banyak Ibu yang mengabaikan tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan ini dengan mengira bahwa ini merupakan pertanda mau menstruasi. Namun tidak berarti semua Ibu akan mengalami spotting di awal kehamilannya.

2.Mual Dan Muntah

Dengan menempelnya calon janin di dinding rahim dan fluktuasi hormon yang cukup nyata maka Ibu biasanya akan mengalami contoh gejala kehamilan 1 minggu lainnya yaitu perasaan mual dan juga muntah. Hormon kehamilan yang dikeluarkan oleh bakal janin dan bakal plasenta mempunya efek yang kuat pada tubuh Ibu untuk menimbulkan morning sickness. Bila mual dan muntah terasa sangat mengganggu, jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter.

3.Perut Terasa Keram

Proses implantasi tidak hanya menimbulkan tanda-tanda kehamilan 1 minggu berupa spotting; namun juga dapat menciptakan sensasi kram perut pada perut bagian bawah. Kram perut dapat dirasakan sebagai sensasi perut yang mengencang, namun tidak jelas apakah itu rasa sakit atau pegal. Selain perut, daerah kemaluan pun akan terasa agak kram pada masa awal-awal kehamilan.

4.Mudah Capek Dan Lelah

Salah satu tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang sering dilewatkan dan dianggap sepele oleh Ibu hamil adalah perasaan mudah lelah. Penelitian menunjukkan hampir setiap Ibu pada awal kehamilannya merasakan rasa lelah yang lebih cepat datang dibandingkan ketika ia sedang tidak hamil. Perasaan lelah muncul meski Ibu tidak melakukan pekerjaan atau aktivitas berat. Sensasi lelah muncul karena banyak energi Ibu yang habis dipakai untuk menyesuaikan diri dengan plasenta yang terbentuk dan plasenta yang ‘memakan’ nutrisi dari darah Ibu. Perasaan mudah lelah ini akan menghilang ketika Ibu menginjak minggu ke-12.

5.Mood Swing

Banyak perempuan yang mengalami mood swing selama masa kehamilannya. Mood swing dirasakan perempuan begitu dini hingga menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan 1 minggu. Tanda kehamilan ini sangatlah wajar, karena emosi seorang manusia banyak dipengaruhi oleh hormon, terutama fluktuasi hormon yang terjadi pada masa kehamilan.

 

Info Tentang Obat Aborsi KLIK PADA GAMBAR DI BAWAH INI

klik obat aborsi

6.Sering Ingin Buang Air Kecil

Tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan adalah membesarnya ukuran rahim seorang Ibu. Meski ukuran janin Anda belum mencapai ukuran besar, rahim Anda sudah menyesuaikan dengan kondisi kehamilan Anda. Rahim akan membesar, baik terjadinya penebalan dinding rahim dan membesar juga ke arah luar sehingga menekan kandung kemih. Penekanan pada kandung kemih ini akan membuat Anda sering ingin pergi ke toilet untuk berkemih. Gejala ini sudah terjadi sejak usia dini kehamilan, sedini minggu pertama kehamilan.

7.Konstipasi

Hormon yang berfluktuasi padasaat kehamilan tidak hanya menyebabkan mual, muntah serta mood swing, namun juga mempengaruhi saluran pencernaan Anda. Beberapa hormon yang terdapat pada saat hamil akan mengurangi pergerakan usus Anda sehingga menimbulkan gejala konstipasi ringan atau sembelit. Maka, mengingat sembelit merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan 1 minggu, Ibu sebaiknya mengonsumsi makanan berserat, probiotik dan konsumsi cukup air untuk melawan konstipasi ini.

8.Payudara Menjadi Nyeri

Ketika bakal janin sudah terbntuk dari bertemunya sel ovum dan sel sperma, otak akan mengetahui bahwa Anda akan hamil dan memiliki anak. Untuk mempersiapkan anak yang lahir, otak akan mengeluarkan beberapa hormon yang akan mempersiapkan payudara Ibu untuk periode menyusui. Maka, tidak heran bahwa payudara akan membesar dan lebih sensitif terhadap sentuhan. Seiring berjalannya waktu, tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan ini akan menghilang karena tubuh Anda akan mulai terbiasa.

9.Warna Puting Lebih Gelap

Perubahan payudara bukanlah satu-satunya tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang akan Anda rasakan. Puting payudara Anda pun akan mengalami perubahan pada awal usia kehamilan. Warna puting akan menjadi lebih gelap daripada sebelum hamil dan akan diikuti oleh perasaan yang sensitif serta terasa gatal bila bersentuhan dengan pakaian. Hal ini juga terjadi karena adanya perubahan hormon saat kehamilan.

10.Sentisitif Terhadap Bau-Bauan

Salah satu hal yang unik yang terdapat pada tanda-tanda kehamilan 1 minggu adalah perubahan reseptor menghidu atau mencium bau-bauan pada hidung Anda. Hidung Ibu hamil akan lebih sensitif terhadap bebauan, dan seringkali bila sangat kuat, beberapa aroma dapat membuat seorang Ibu hamil menjadi mual. Beberapa peneliti memperkirakan bahwa perubahan ini terjadi agar Ibu dapat berhati-hati tidak mengonsumsi makanan yang basi atau beracun, agar dapat melindungi bayi dari zat yang berbahaya.

Itulah ulasan yang dapat kami berikan mengenai tanda-tanda kehamilan 1 minggu untuk Ibu hamil. Cobalah perhatikan dengan teliti apa saja perubahan dari segi fisik dan mental yang Anda rasakan setelah berhubungan dengan pasangan, karena siapa tahu kali ini gilran Anda yang dititipkan amanah oleh Tuhan YME. Tentu saja, untuk memastikan dengan lebih akurat, Ibu dapat mencoba test kehamilan yang dilakukan 1 minggu setelah berhubungan. Semoga dengan mengetahui tanda tersebut Anda dapat memberikan persiapan yang terbaik untuk calon buah hati Anda. Selamat menikmati masa kehamilan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call/Wa : 0813-3399-8282 | 0857-7779-8282 # BBM : DABD84F5 Frontier Theme